Masalah Kulit Pada Anak-anak

Bisa berbentuk benjolan, ruam, tanda merah, atau bilur pada tubuh anak lebih sering ditemukan dibandung pada orang dewasa. Sebagian besar tidak mengkhawatirkan; Namun, beberapa lainnya mungkin lebih memprihatinkan.

berikut beberapa masalah yang sering terjadi pada anak-anak

Kurap

Kurap tidak ada hubungannya dengan cacing. Penyebab kurap adalah jamur yang menginfeksi kulit dan menyebabkan bersisik dan tambalan yang merah bergelombang terbentuk pada daerah yang terinfeksi. Kurap bisa menular, dan kurap dapat menyebar melalui kontak atau dengan berbagi pakaian yang juga datang dalam kontak dengan daerah yang terinfeksi. Umumnya, pengobatan adalah untuk menerapkan krim antijamur ke daerah yang terken untuk waktu yang lama sampai infeksi sembuh.

Penyakit kelima

Parvovirus B19 adalah virus yang menyebabkan penyakit kelima. Ini adalah penyakit yang sangat umum yang biasanya ringan dan sembuh tanpa pengobatan. Dimulai dengan gejala seperti flu, ruam merah di pipi dan ruam pada tubuh. Sejak virus penyebab penyakit kelima, antibiotik tidak memainkan peran dalam pengobatan. Parvovirus B19 dapat berbahaya bagi wanita hamil.

Cacar air

Cacar menjadi infeksi yang sangat umum di antara anak-anak, tapi saat ini kita melihat lebih jarang karena program vaksinasi universal. Infeksi dengan varicella, virus yang menyebabkan cacar air, umumnya dimulai dengan demam, kemudian gejala dingin dan ruam. Ruam gatal dan umumnya muncul sebagai campuran lecet, bintik-bintik, dan scabs berkulit; biasanya berlangsung lebih dari seminggu. Anak-anak dengan infeksi cacar aktif menular sampai semua lepuh mengerak.

Impetigo

Impetigo bisa rancu dengan infeksi kulit lainnya, termasuk selulitis (infeksi lebih dalam) dan bahkan kurap. Bakteri biasa ditemukan pada penyebab kulit impetigo, dan antibiotik dengan mudah mengobati impetigo. Ruam itu sendiri tampak mengeluarkan air dan merah pada awalnya dan kemudian dapat menjadi kerak kekuningan. Menyebar melalui kontak, dan menggaruk akan membuatnya lebih buruk. Impetigo bisa terjadi di mana saja pada tubuh, tapi umumnya ditemukan di sekitar mulut dan hidung.

Kutil

Virus yang menjadi penyebab kutil. Kutil dapat menyebar baik dari orang ke orang dan ke bagian lain dari tubuh. Paling umum, kutil muncul di tangan, tetapi dapat juga  ditemukan di mana saja.

Biang keringat

Bayi sering mendapatkan biang keringat. Kelenjar keringat tersumbat menyebabkan biang keringat, yang menghasilkan bintil merah di kepala dan leher. Sangat penting untuk berpakaian tepat (tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin) untuk mencegah biang keringat. Umumnya, biang keringat sembuh dengan sendirinya.

Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak muncul sebagai kumpulan jerawat merah kecil atau benjolan pada permukaan kulit semacam terkena alergi. Hal ini dapat disebabkan oleh makanan tertentu, lotion, bahan kimia, atau tanaman, seperti poison ivy. Ruam dimulai dalam waktu satu sampai dua hari paparan, tergantung pada sensitivitas dan dapat bertahan selama kontak terus atau sampai sembuh, yang mungkin memakan waktu satu sampai dua minggu. Antihistamin topikal atau steroid dapat mengurangi gejala. Sering, orang bingung dermatitis kontak dengan infeksi kulit, seperti impetigo.

Penyakit Tangan-Kaki-Mulut (Coxsackie)

Coxsackievirus adalah penyebab tangan, kaki, dan mulut. Ini adalah infeksi masa kanak-kanak yang sangat umum, terutama selama musim panas dan awal musim gugur. Hal ini biasanya dimulai dengan demam dan kemudian berkembang menjadi ruam  tidak gatal yang melibatkan tubuh, termasuk tangan dan kaki; dan juga menyebabkan sariawan. Luka mulut yang menyakitkan dan dapat mengganggu makan dan minum dalam beberapa kasus. Hal ini sangat menular, dan seperti banyak infeksi virus, menyebar melalui kontak, sering batuk dan bersin. Oenyakit tangan, kaki, dan mulut sembuh dengan sendirinya dalam waktu seminggu.

Dermatitis atopik

Eksim, juga dikenal sebagai dermatitis atopik, biasanya umum pada anak-anak dengan alergi dan asma. Ruam muncul sebagai tambalan merah gatal, yang dapat muncul di mana saja, tapi biasanya muncul di pipi, daerah siku, atau sekitar lutut. Menggunakan pelumas lotion, salep, atau krim biasanya gejala akan membaik, tapi kadang-kadang steroid topikal diperlukan.

Hives

Hives adalah hasil dari reaksi alergi. Muncul sebagai kecil merah, gatal, benjolan atau bekas, yang mungkin menyakitkan juga. Paparan alergen, seperti makanan atau obat-obatan, dapat menyebabkan gatal-gatal. Beberapa alergi umum termasuk kacang-kacangan, telur, dan kerang, tetapi virus tertentu juga dapat menyebabkan gatal-gatal. Meskipun gatal-gatal tapi tidak berbahaya, jika anak Anda juga mengengalami masalah napas , termasuk batuk dan mengi bersama dengan gatal-gatal, mungkin sinyal reaksi alergi yang lebih serius yang memerlukan perhatian medis segera. Antihistamin adalah pengobatan standar untuk gatal-gatal.

Scarlet Fever

Infeksi streptokokus menyebabkan demam berdarah, penyakit yang sangat umum yang diawali dengan sakit tenggorokan, demam, dan keluhan nonspesifik lainnya. Ruam, yang dimulai setelah gejala lain, terasa seperti amplas dan mungkin atau mungkin tidak gatal. Demam Scarlet sangat menular, dan meskipun itu akan hilang dengan sendirinya, perlu untuk mengobati infeksi strep dengan antibiotik.

Roseola (Penyakit Keenam)

Roseola adalah penyakit virus ringan. Infeksi biasanya muncul pada bayi dan dimulai dengan demam yang sangat tinggi, diikuti dengan ruam tidak gatal dengan penampilan berenda. Demam berlangsung selama beberapa hari dan kemudian berhenti; biasanya, demam dan ruam tidak muncul pada waktu yang sama. Pertama ruam muncul di dada atau punggung dan kemudian menyebar ke seluruh tubuh. Kadang-kadang, demam dapat memicu kejang, tetapi paling sering tidak.

Brak komentarzy:

Prześlij komentarz