Rambut Rontok pada Pria dan Wanita (Alopecia)

Fakta rambut rontok

     Rambut rontok adalah kondisi yang sangat umum dan mempengaruhi kebanyakan orang pada suatu saat dalam kehidupan mereka.
     Rambut rontok androgenetic terlihat baik pada pria dan wanita, tetapi lebih buruk pada pria.
     Masalah kesehatan seperti penyakit tiroid, anemia, dan kekurangan vitamin dapat menyebabkan rambut rontok.
     Alopecia areata adalah sangat umum, berbentuk koin rambut rontok sementara patch yang biasanya sembuh dengan sendirinya.
     Pencegahan meliputi kebersihan yang baik rambut, keramas teratur, dan gizi yang baik.
     Pemeriksaan kesehatan medis untuk rambut rontok mungkin termasuk tes darah seperti hitung darah lengkap (CBC), tingkat zat besi, vitamin B, dan tes fungsi tiroid (TFT).

Penyebab rambut rontok

Karena ada begitu banyak jenis kulit kepala rambut rontok, menentukan tepat penyebab rambut rontok pada individu dapat menantang. Istilah medis untuk rambut rontok adalah alopecia.

Kebanyakan rambut rontok tidak terkait dengan penyakit sistemik maupun internal, pola makan yang buruk merupakan faktor yang sering terjadi. Rambut tipis bisa akibat faktor genetik yang telah ditentukan, riwayat keluarga, dan proses penuaan secara keseluruhan.Selain itu, stres, penyakit, perubahan nutrisi, dan perubahan hormonal seperti di kehamilan, pubertas, dan menopause dapat menyebabkan rambut rontok reversibel. Banyak pria dan wanita mungkin mengalami rambut rontok mulai di usia tiga puluhan dan empat puluhan.

Beberapa kondisi kesehatan, termasuk penyakit tiroid dan anemia defisiensi zat besi, dapat menyebabkan rambut rontok. Sementara tes darah tiroid dan tes laboratorium lainnya, termasuk hitung darah lengkap (CBC), pada orang-orang yang memiliki rambut rontok biasa biasanya normal, penting untuk mengatasi penyebab rambut rontok. Jika Anda khawatir tentang beberapa masalah kesehatan lain yang mendasarinya, Anda dapat mulai dengankonsultasi dokter keluarga Anda, internis, atau dokter kandungan untuk pemeriksaan kesehatan dasar. Dermatologists adalah dokter yang mengkhususkan diri dalam masalah kulit, rambut, dan kuku, dan dapat memberikan diagnosis yang lebih maju dan perawatan rambut menipis dan kehilangan. Kadang-kadang biopsi kulit kepala dapat diambil untuk membantu dalam diagnosis rambut rontok parah atau tidak dapat dijelaskan.

Klasifikasikan rambut rontok

Ada banyak cara untuk mengkategorikan rambut rontok. Yang pertama harus memeriksa kulit kepala untuk menentukan apakah rambut rontok karena kerusakan fisik dan hilangnya folikel rambut. Jika kulit kepala muncul normal dengan banyak struktur folikel (yang tampaknya cukup kosong) ini disebut rambut rontok non-jaringan parut. Di sisi lain, folikel secara permanen hancur dalam jaringan parut rambut rontok. Localized, daerah-daerah kecil, daerah yang luas atau seluruh kulit kepala mungkin akan terpengaruh dalam jaringan parut dan non-jaringan parut rambut rontok. Kadang-kadang, mungkin perlu melakukan biopsi kulit kepala untuk membedakan kondisi ini. Dokter mungkin menarik rambut untuk memeriksa persentase rambut dalam pertumbuhan (anagen fase).

Beberapa kondisi menghasilkan daerah kecil rambut rontok, sementara yang lain mempengaruhi area besar kulit kepala. Penyebab umum dari rambut rontok adalah

     alopecia areata (area melingkar atau tambalan, ukuran kulit kepala botak yang biasanya tumbuh kembali dalam beberapa bulan),
     traksi alopecia (penipisan akibat dikepang ketat atau ekor kuda),
     trikotilomania (kebiasaan memutar atau menarik rambut keluar),
     tinea capitis (infeksi jamur).

Alopecia areata

Sebuah kondisi umum, alopecia areata biasanya dimulai sebagai seperempat lingkaran berukuran tunggal kebotakan, sangat halus. Alopecia biasanya tumbuh kembali dalam tiga sampai enam bulan tanpa pengobatan. Bentuk yang paling luas disebut alopecia totalis, di mana seluruh kulit kepala botak. Sangat penting untuk menekankan bahwa pasien yang telah mengalami rambut rontok umumnya tidak kehilangan rambut seluruh kulit kepala. Alopecia dapat mempengaruhi rambut di bagian lain dari tubuh, misalnya, janggut atau alis.

Alopecia areata adalah suatu kondisi autoimun di mana tubuh menyerang folikel rambut sendiri. Kebanyakan pasien alopecia, bagaimanapun, tidak memiliki masalah sistemik dan perlu ada tes medis. Sementara alopecia areata sering disalahkan akibat stres, dan mungkin sebaliknya; yaitu, memiliki alopecia dapat menyebabkan stres.

Traksi alopecia

Merupakan area rambut rontok kecil atau lokal yang disebabkan oleh persisten menarik atau kekuatan pada akar rambut yang berulang. Kepang ketat dan ekor kuda dapat menarik cukup keras pada rambut untuk membuat rambut rontok. Yang terbaik untuk memilih gaya rambut yang menempatkan posisi rambut pada kondisi yang baik.

Trikotilomania

Hal ini mengacu pada kebiasaan seseorang secara sukarela menarik rambut mereka sendiri atau memutarnya, kadang-kadang tanpa menyadarinya. Kulit kepala dan bulu mata sering terpengaruh. Kasus yang parah atau resisten mungkin memerlukan konseling stres dengan terapis atau psikolog atau perawatan medis dengan psikiater. Beberapa antidepresan atau obat kecemasan telah ditunjukkan untuk membantu dengan kondisi ini.

Tinea capitis

Tinea adalah kata medis untuk infeksi jamur, dan capitis berarti kepala. Tinea capitis adalah infeksi jamur pada kulit kepala yang untuk sebagian besar mempengaruhi anak-anak usia sekolah. Tinea capitis lebih sering terjadi pada kulit kepala Afrika atau Afrika-Amerika hitam. Kondisi ini jarang terjadi pada orang dewasa yang sehat. Bintik-bintik botak biasanya menunjukkan rambut botak dan disertai dengan dermatitis a. Antijamur oral dapat menembus akar rambut dan menyembuhkan infeksi, setelah itu rambut tumbuh kembali.

Brak komentarzy:

Prześlij komentarz