Penyebab Kelelahan

- Tidak Cukup Tidur

Kurang tidur menyebabkan kelelahan, dan dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan Anda secara keseluruhan dan kesejahteraan. Dengan tujuh sampai delapan jam tidur setiap malam, tidur pada waktu yang sama setiap malam, dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi untuk menjaga diri sesuai jadwal. Pastikan kasur Anda nyaman, ruang cukup gelap dan dingin, matikan ponsel Anda dan televisi. Jika Anda masih tidak dapat tidur setelah melakukan perubahan pada lingkungan tidur Anda, berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi gangguan tidur.

Sleep Apnea

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang serius di mana penderita sebentar berhenti bernapas untuk jangka pendek saat tidur. Kebanyakan orang tidak menyadari hal ini terjadi, tetapi dapat menyebabkan mendengkur keras, dan kelelahan di siang hari. Kelebihan berat badan, merokok, dan minum alkohol semua dapat memperburuk gejala sleep apnea. Sleep apnea bisa dicegah atau diatasi dengan menurunkan berat badan, berhenti merokok, dan menghindari alkohol.

- Tidak Cukup energi

Apa yang Anda makan dapat mempengaruhi berapa banyak yang bisa Anda lakukan. Tidak cukup makan, atau tidak makan makanan yang bergizi dapat menyebabkan kelelahan. Jika Anda makan makanan yang menyebabkan lonjakan gula darah, segera setelah gula turun, Anda merasa lelah. Makan makanan diet seimbang, lengkap dengan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein serta menghindari atau membatasi makanan tinggi gula dan lemak.

- Anemia

Anemia atau kekurangan zat besi adalah penyebab umum kelelahan pada wanita. Sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh, dan zat besi merupakan komponen utama sel-sel ini. Tanpa zat besi yang cukup, tubuh Anda mungkin tidak mendapatkan oksigen yang dibutuhkan untuk energi. Wanita yang mengalami periode menstruasi yang berat, atau sedang hamil mungkin mengaalami risiko tinggi untuk anemia defisiensi zat besi.

Jika Anda mengalami anemia karena kekurangan zat besi, Anda mungkin dapat mengisi besi tubuh Anda melalui diet. Makanan kaya zat besi termasuk daging, kacang-kacangan, tahu, kentang, brokoli, kacang-kacangan, besi-diperkaya sereal, dan beras merah. Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda berpikir Anda perlu suplemen zat besi untuk menentukan dosis yang tepat.

- Depresi

Depresi menyebabkan kesedihan dan kecemasan, tetapi juga dapat menyebabkan gejala fisik termasuk kelelahan, insomnia, sakit dan nyeri. Depresi mungkin tidak membaik tanpa pengobatan, dan ada banyak perawatan termasuk terapi dan obat-obatan yang dapat membantu gejala depresi.

- Hypothyroidism

Tiroid adalah kelenjar yang mengatur metabolisme, atau seberapa cepat tubuh mengubah bahan bakar menjadi energi untuk fungsi tubuh Anda. Tiroid kurang aktif (hipotiroidisme) menyebabkan kelelahan, depresi, dan berat badan. Sebuah tes darah dapat mengkonfirmasi jika seseorang memiliki hipotiroidisme.

- Kebanyakan Kafein

Kebanyakan orang mengambil kafein untuk membantu mereka menjadi gembira. Namun, terlalu banyak kafein dapat menyebabkan gelisah, peningkatan denyut jantung atau jantung berdebar, tekanan darah tinggi, kecemasan, dan insomnia. Selain itu, setelah kafein habis, pengguna merasa lelah. Jika Anda minum banyak kopi, teh, atau cola yang mengandung kafein, atau mengambil obat yang mengandung kafein, Anda akan perlu untuk secara bertahap menghindari minuman tersebut, suplemen, atau obat-obatan.

- Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Gejala umum dari infeksi saluran kemih (ISK) termasuk rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil, atau perasaan sering ingin buang air kecil. Tetapi ISK juga dapat menyebabkan kelelahan dan kelemahan. Pengobatan umum untuk ISK adalah antibiotik, yang harus menyembuhkan kondisi dalam satu atau dua minggu, mengurangi kelelahan dan gejala lainnya.

- Diabetes

Diabetes dapat menyebabkan kelelahan baik gula darah tinggi atau rendah. Ketika gula Anda tinggi, mereka tetap dalam aliran darah bukannya digunakan untuk energi, yang membuat Anda merasa lelah. Gula darah rendah (glukosa) berarti Anda mungkin tidak memiliki cukup bahan bakar untuk energi, juga menyebabkan kelelahan.

Penderita diabetes dianjurkan untuk melakukan perubahan gaya hidup termasuk pola makan dan olahraga. Anda mungkin juga akan diresepkan insulin atau obat diabetes lain untuk membantu Anda mengontrol kadar gula darah Anda.

- Dehidrasi

Kekurangan air atau dehidrasi akan menyebabkan kelelahan, jika Anda haus itu berarti sudah mengalami kelelahan.

Sementara cairan apapun akan membantu hidrat Anda, air adalah pilihan terbaik. Air bebas dari gula, kalori, dan kafein. Kebanyakan ahli merekomendasikan sekitar delapan gelas per hari, tetapi Anda mungkin perlu lebih banyak jika Anda berolahraga atau tinggal atau bekerja di lingkungan yang hangat. Jika Anda terhidrasi/cukup air, urin Anda akan menjadi jelas atau kuning pucat. Jika urin berwarna gelap, Anda berarti membutuhkan lebih banyak cairan.

- Penyakit Jantung

Jika Anda merasa diri Anda lelah dengan aktivitas sehari-hari seperti berbelanja, membersihkan rumah, atau naik tangga. Ketika jantung kurang mampu memompa darah ke seluruh jaringan tubuh, itu menghemat sumber daya dengan mengalihkan darah dari tungkai dan bukannya mengirimnya ke organ-organ vital. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan dan mungkin merupakan tanda penyakit jantung.

Penyakit jantung adalah kondisi serius dan membutuhkan perawatan, sehingga dianjurkan untuk segera konsultasi dengan dokter Anda. Ada perubahan gaya hidup (misalnya, diet dan olahraga), obat-obatan, dan terapi fisik yang dapat membantu Anda mengendalikan penyakit jantung Anda dan membantu Anda mendapatkan kembali untuk melakukan apa yang Anda sukai.

- Alergi Makanan

Alergi makanan dapat menyebabkan kelelahan. Makanan tertentu dapat berkontribusi untuk menyebabkan kelelahan kronis. Jika Anda merasa mengantuk setelah makan makanan tertentu, mungkin intoleransi terhadap makanan tersebut. Cara terbaik untuk melihat apakah Anda sensitif atau tidak toleran dari makanan tertentu adalah diet eliminasi. Menghilangkan makanan yang dicurigai dan melihat apakah ada perbaikan dalam tingkat energi Anda. Jika Anda memperkenalkan kembali makanan dan kembali kelelahan, itu berarti makanan mungkin menjadi penyebabnya.

- Sindrom kelelahan kronis (CFS) dan Fibromyalgia

Sindrom kelelahan kronis dan fibromyalgia adalah kondisi yang dapat menyebabkan kelelahan yang tidak dapat dijelaskan yang mengganggu aktivitas sehari-hari selama lebih dari enam bulan. Kedua kondisi ini kronis dan tidak ada satu ukuran pengobatan cocok untuk semua, tetapi perubahan gaya hidup seringkali dapat membantu meringankan beberapa gejala kelelahan. Seprti kebiasaan tidur yang baik, membatasi kafein, menjaga kamar tidur Anda gelap dan tenang, teknik relaksasi, latihan ringan, banyak bergerak, dan makan diet seimbang.

- Tanpa sebab

Beberapa dari kita hanya lelah tanpa penyebab medis. Kabar baiknya adalah bahwa olahraga dapat memberi kita dorongan. Studi secara konsisten menunjukkan bahwa orang-orang yang terlibat dalam olahraga teratur merasa kelelahan berkurang dari mereka yang tidak melakukan olahraga.

- Kerja shfit

Kerja shift dapat mendatangkan malapetaka pada jam tubuh Anda 24 jam internal atau ritme sirkadian. Ketika Anda bekerja malam atau memutar shift, tubuh Anda tidak tahu kapan harus terjaga dan kapan harus tidur, hal tersebut yang menyebabkan kelelahan.

Brak komentarzy:

Prześlij komentarz