Gejala Anemia

Beberapa pasien dengan anemia tidak memiliki gejala. Gejala yang biasanya muncul seperti

- Merasa mudah lelah
- Tampak pucat
- Mengalami palpitasi (perasaan jantung berdetak)
- Menjadi sesak napas

Gejala lain termasuk
- rambut rontok
- Malaise (badan terasa tidak enak badan)
- Memburuknya masalah jantung

Jika anemia berlangsung lama (anemia kronis), tubuh mungkin menyesuaikan diri dengan tingkat oksigen yang rendah dan individu mungkin tidak merasa berbeda kecuali anemia menjadi berat. Di sisi lain, jika anemia terjadi secara cepat (anemia akut), pasien mungkin mengalami gejala yang signifikan relatif cepat.

Diagnosis anemia

Anemia biasanya terdeteksi, atau setidaknya dikonfirmasi, oleh sel darah lengkap (CBC) count. Tes CBC mungkin diperintahkan oleh dokter sebagai bagian dari pemeriksaan rutin dan skrining umum atau berdasarkan gejala dan tanda klinis yang mungkin mengalami anemia atau kelainan darah lainnya.

penghitungan sel darah lengkap (CBC)

Secara tradisional, analisis CBC dilakukan oleh dokter atau teknisi laboratorium dengan melihat slide kaca dibuat dari sampel darah di bawah mikroskop. Saat ini, hal tersebut sering otomatis dan dilakukan oleh mesin. Enam pengukuran komponen membentuk tes CBC

- Sel darah merah (RBC) count
- hematokrit
- hemoglobin
- Sel darah putih (WBC) count
- Hitung darah Differential (the diff)
- jumlah trombosit

Hanya tiga pertama dari tes tersebut yakni; sel darah merah (RBC) count, hematokrit, dan hemoglobin yang relevan untuk diagnosis anemia.

Selain itu, volume sel rata-rata (MCV) juga sering dilaporkan dalam KBK, yang pada dasarnya mengukur rata-rata volume sel darah merah dalam sampel darah. Hal ini penting dalam membedakan penyebab anemia. Unit MCV dilaporkan dalam femtoliters, sebagian kecil dari sepersejuta liter..

Petunjuk lain yang berguna untuk penyebab anemia yang dilaporkan dalam CBC adalah ukuran, bentuk, dan warna sel darah merah.

Bagaimana darah yang dikumpulkan untuk CBC

Darah dikumpulkan oleh venipuncture (menggunakan jarum untuk mengambil darah dari vena) di kantor laboratorium, rumah sakit, atau dokter. Biasanya, darah dikumpulkan dalam tabung steril khusus dari vena lengan. Tabung memiliki beberapa pengawet untuk mencegah pembekuan darah. Hasil mungkin tersedia dalam satu jam atau lebih tergantung pada pengaturan.

Dalam beberapa kasus, cepat dalam uji kantor yang disebut hemoglobin rapid test dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa tetes darah dari tusukan jari. Keuntungan dari tes cepat ini adalah bahwa hasil dapat diperoleh dalam beberapa menit dan hanya beberapa tetes darah mungkin diperlukan.

Menghitung sel darah merah (RBC)

Sel-sel darah merah (sel darah merah atau eritrosit) adalah jenis yang paling umum dari sel-sel dalam darah. Masing-masing memiliki jutaan dan jutaan sel kecil berbentuk cakram. RBC count ini dilakukan untuk menentukan apakah jumlah sel darah merah yang rendah (anemia) atau tinggi (polisitemia).

Pada perhitungan RBC, jumlah dan ukuran sel darah merah ditentukan. Hal ini biasanya dilaporkan sebagai jumlah sel darah merah per volume tertentu, biasanya dalam jutaan sel darah merah dalam mikroliter (satu seperseribu dari ml) dari seluruh darah. Bentuk sel darah merah juga dievaluasi di bawah mikroskop. Semua informasi ini, jumlah, ukuran dan bentuk dari sel darah merah, berguna dalam diagnosis anemia. Selanjutnya, jenis tertentu anemia mungkin ditentukan oleh informasi-informasi tersebut.

Brak komentarzy:

Prześlij komentarz